PENERAPAM MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU

Efriani, Eti Dewi and Nani , Yuliantini and Herman , Lusa (2012) PENERAPAM MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ETI DEWI EFRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dan rendahnya hasil menulis karangan eksposisi siswa kelas V SD Negeri 58. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dan meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas V di SD Negeri 58 kota Bengkulu melalui penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil karangan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data tes obsevasi dianalisis dengan rata-rata skor data tes dan kriteria skor. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 36,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh ratarata skor 28 dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil tes menulis karangan eksposisi pada siklus I mendapat nilai rata-rata 67,82 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 44,12%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,15 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 91,18%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:54
Last Modified: 18 Dec 2013 15:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item