Efriani, Eti Dewi and Nani , Yuliantini and Herman , Lusa (2012) PENERAPAM MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
ETI DEWI EFRIANI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dan rendahnya hasil menulis karangan eksposisi siswa kelas V SD Negeri 58. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dan meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas V di SD Negeri 58 kota Bengkulu melalui penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil karangan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data tes obsevasi dianalisis dengan rata-rata skor data tes dan kriteria skor. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 36,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh ratarata skor 28 dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil tes menulis karangan eksposisi pada siklus I mendapat nilai rata-rata 67,82 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 44,12%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,15 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 91,18%.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:54 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:54 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4942 |
Actions (login required)
View Item |