Krisno, Triwidiyan and Lukman, Lukman and Herman , Lusa (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN PADA KELAS V SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
KRISNO TRIWIDIYAN.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri No.24 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Make A Match dengan Bermain Peran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang siswa. Dari hasil nilai observasi guru dari siklus I dan II dengan kreteria baik yakni rata-rata dengan nilai 34 sedangkan nialai observasi sisa rata-rata 25 dengan kreteria baik.Dengan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yaitu, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 6,9, dan siklus II 7,61. Daya serap klasikal pada siklus I sebesar 6,7%,siklus II 89,2%. Rata-rata aktifitas siswa pada siklus I adalah 24 pada kriteria baik, siklus II 26 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk rata-rata skor aktifitas guru pada siklus I sebesar 33 pada kriteria baik, siklus II 35 dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 16:39 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 16:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4953 |
Actions (login required)
View Item |