Anstartika, Anstartika and Endang , Widi Winarni and Nani , Yuliantini (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ASSISTED DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA AKSES BLOG PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA KELAS V MATA PELAJARAN IPA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Antstartika--0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajar IPAsiswa antara yang menggunakanpembelajarancoopetarif learning tipe JIGSAW dengan media akses blogdan yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblog di kelas V SDN 1 RSBI Kota Bengkulu. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.PopulasiadalahseluruhsiswakelasV SDN 1 RSBI Kota Bengkulu dan yang menjadisampeladalahkelasV RSBI 1sebagaikelaseksperimen 1 yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblog, serta kelas V RSBI 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan pembelajaran cooperatif learning tipe STAD dengan media akses blogyang terpilihmelaluiujihomogenitas. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahsoalpretest, soalpost testyang terdiridari 20 butirsoaldanlembaraktivitassiswauntukkeduakelassampel.Analisa data yang digunakanadalahujinormalitas, ujihomogenitas, danuji-t.Berdasarkananalisis data penelitiandiproleh, nilai rata-rata darihasilpost testuntukkelaseksperimen1 yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogadalah 82,6dengantingkatketuntasansebesar87,13%dankelaseksperimen 2 yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblogadalah 74,84dengantingkatketuntasansebesar62,25 %, danaktivitassiswakelaseksperimen 2beradapadakategoricukupsedangkanaktivitassiswakelaseksperimen 1beradapadakategoribaik. Uji-t keduakelassampeldengan α = 0.01 diperolehthitung = 3,31sedangkanttabel (0.99)(62) = 2,39berartithitung>ttabelsehingga Ha diterima. Dengandemikianterdapatperbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan pembelajarancooperatife learnng tipe JIGSAW dengan media aksesblogdengan kelas yang menggunakan cooperatife learning tipe STAD dengan media akses blog. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenggunaanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogmemberikanhasilbelajarsiswa yang lebihbaikpadamateri perubahan kimia dan fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:59 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:59 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5003 |
Actions (login required)
View Item |