PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ASSISTED DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA AKSES BLOG PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA KELAS V MATA PELAJARAN IPA

Anstartika, Anstartika and Endang , Widi Winarni and Nani , Yuliantini (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ASSISTED DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA AKSES BLOG PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA KELAS V MATA PELAJARAN IPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Antstartika--0.pdf] Text
Skripsi Antstartika--0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajar
IPAsiswa
antara
yang
menggunakanpembelajarancoopetarif learning tipe JIGSAW dengan media akses blogdan
yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblog di
kelas
V
SDN
1
RSBI
Kota
Bengkulu.
Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.PopulasiadalahseluruhsiswakelasV SDN 1 RSBI
Kota Bengkulu dan yang menjadisampeladalahkelasV RSBI 1sebagaikelaseksperimen 1 yang
menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblog, serta
kelas V RSBI 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan pembelajaran cooperatif
learning tipe STAD dengan media akses blogyang terpilihmelaluiujihomogenitas.
Instrumenpenelitian yang digunakanadalahsoalpretest, soalpost testyang terdiridari 20
butirsoaldanlembaraktivitassiswauntukkeduakelassampel.Analisa
data
yang
digunakanadalahujinormalitas,
ujihomogenitas,
danuji-t.Berdasarkananalisis
data
penelitiandiproleh,
nilai
rata-rata
darihasilpost
testuntukkelaseksperimen1
yang
menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogadalah
82,6dengantingkatketuntasansebesar87,13%dankelaseksperimen
2
yang
menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblogadalah
74,84dengantingkatketuntasansebesar62,25
%,
danaktivitassiswakelaseksperimen
2beradapadakategoricukupsedangkanaktivitassiswakelaseksperimen 1beradapadakategoribaik.
Uji-t keduakelassampeldengan α = 0.01 diperolehthitung = 3,31sedangkanttabel (0.99)(62) =
2,39berartithitung>ttabelsehingga Ha diterima. Dengandemikianterdapatperbedaan hasil belajar
IPA antara kelas yang menggunakan pembelajarancooperatife learnng tipe JIGSAW dengan
media aksesblogdengan kelas yang menggunakan cooperatife learning tipe STAD dengan
media akses blog. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenggunaanpembelajarancooperatife
learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogmemberikanhasilbelajarsiswa yang
lebihbaikpadamateri perubahan kimia dan fisika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:59
Last Modified: 19 Dec 2013 08:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5003

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200