PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ASSISTED DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA AKSES BLOG PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA KELAS V MATA PELAJARAN IPA

Anstartika, Anstartika and Endang , Widi Winarni and Nani , Yuliantini (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ASSISTED DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA AKSES BLOG PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA KELAS V MATA PELAJARAN IPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Antstartika--0.pdf] Text
Skripsi Antstartika--0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajar
IPAsiswa
antara
yang
menggunakanpembelajarancoopetarif learning tipe JIGSAW dengan media akses blogdan
yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblog di
kelas
V
SDN
1
RSBI
Kota
Bengkulu.
Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.PopulasiadalahseluruhsiswakelasV SDN 1 RSBI
Kota Bengkulu dan yang menjadisampeladalahkelasV RSBI 1sebagaikelaseksperimen 1 yang
menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblog, serta
kelas V RSBI 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan pembelajaran cooperatif
learning tipe STAD dengan media akses blogyang terpilihmelaluiujihomogenitas.
Instrumenpenelitian yang digunakanadalahsoalpretest, soalpost testyang terdiridari 20
butirsoaldanlembaraktivitassiswauntukkeduakelassampel.Analisa
data
yang
digunakanadalahujinormalitas,
ujihomogenitas,
danuji-t.Berdasarkananalisis
data
penelitiandiproleh,
nilai
rata-rata
darihasilpost
testuntukkelaseksperimen1
yang
menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogadalah
82,6dengantingkatketuntasansebesar87,13%dankelaseksperimen
2
yang
menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblogadalah
74,84dengantingkatketuntasansebesar62,25
%,
danaktivitassiswakelaseksperimen
2beradapadakategoricukupsedangkanaktivitassiswakelaseksperimen 1beradapadakategoribaik.
Uji-t keduakelassampeldengan α = 0.01 diperolehthitung = 3,31sedangkanttabel (0.99)(62) =
2,39berartithitung>ttabelsehingga Ha diterima. Dengandemikianterdapatperbedaan hasil belajar
IPA antara kelas yang menggunakan pembelajarancooperatife learnng tipe JIGSAW dengan
media aksesblogdengan kelas yang menggunakan cooperatife learning tipe STAD dengan
media akses blog. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenggunaanpembelajarancooperatife
learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogmemberikanhasilbelajarsiswa yang
lebihbaikpadamateri perubahan kimia dan fisika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:59
Last Modified: 19 Dec 2013 08:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5003

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini