PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SDN 60 BENGKULU SELATAN.

Anderi, Heni and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SDN 60 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
HENI ANDERI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pad aketuntasan belajar klasikal, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I. diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 33,5 dengan criteria baik, pada siklus II rata-rata sekor guru 36 dengan criteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa siklus I sebesar 33,5 dengan criteria baik dan siklus II 36. Metode pengumpulan data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasna belajar klasikal dan daya serap klasikal, sednagkan data observasi analisis dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai tiap criteria. Hasil analisis ketuntasan hasil ix belajar secara klasikal pada siklus I seebsar 73,33% dengan nilai rata-rata 69,33. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 100% dengan rata-rata meningkat menjadi 77,0. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:17
Last Modified: 19 Dec 2013 16:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item View Item