Anderi, Heni and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SDN 60 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
HENI ANDERI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (716kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pad aketuntasan belajar klasikal, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I. diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 33,5 dengan criteria baik, pada siklus II rata-rata sekor guru 36 dengan criteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa siklus I sebesar 33,5 dengan criteria baik dan siklus II 36. Metode pengumpulan data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasna belajar klasikal dan daya serap klasikal, sednagkan data observasi analisis dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai tiap criteria. Hasil analisis ketuntasan hasil ix belajar secara klasikal pada siklus I seebsar 73,33% dengan nilai rata-rata 69,33. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 100% dengan rata-rata meningkat menjadi 77,0. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:17 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5066 |
Actions (login required)
View Item |