PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA PADA PEMBELAJARAN TOPIK OPTIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Warimun , Eko Swistoro (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA PADA PEMBELAJARAN TOPIK OPTIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. EXACTA, 10 (2). pp. 111-114. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
02. Eko Swistoro.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep (PK) dan kemampuan problem solving (KPS) mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini melibatkan 35 orang mahasiswa pendidikan Fisika pada implementasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan langkah dimodifikasi menjadi empat langkah, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan program, pengembangan program dan validasi program. Pelaksanaan penelitian adalah lanjutan pada langkah ke emapat yaitu validasi program (dalam skala luas). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Bengkulu. Data PK dan KPS dikumpulkan dengan menggunakan tes. Implementasi pembelajaran diobservasi dengan menggunakan pedoman observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif dan dihitung dengan menggunakan skor gain yang dinormalisasi. Berdasarkan hasil implementasi ujicoba model pembelajaran dapat diketahui bahwa program pembelajaran dengan model problem solving dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan problem solving.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 27 Mar 2013 10:51
Last Modified: 27 Mar 2013 10:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item