Warimun , Eko Swistoro (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA PADA PEMBELAJARAN TOPIK OPTIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. EXACTA, 10 (2). pp. 111-114. ISSN 1412-3617
02. Eko Swistoro.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep
(PK) dan kemampuan problem solving (KPS) mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini melibatkan 35 orang
mahasiswa pendidikan Fisika pada implementasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan
pengembangan dengan langkah dimodifikasi menjadi empat langkah, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan program,
pengembangan program dan validasi program. Pelaksanaan penelitian adalah lanjutan pada langkah ke emapat yaitu
validasi program (dalam skala luas). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika di
Universitas Bengkulu. Data PK dan KPS dikumpulkan dengan menggunakan tes. Implementasi pembelajaran
diobservasi dengan menggunakan pedoman observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif dan
dihitung dengan menggunakan skor gain yang dinormalisasi. Berdasarkan hasil implementasi ujicoba model
pembelajaran dapat diketahui bahwa program pembelajaran dengan model problem solving dapat meningkatkan
penguasaan konsep dan keterampilan problem solving.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 27 Mar 2013 10:51 |
Last Modified: | 27 Mar 2013 10:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/507 |