PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (Student Team-Achiement Division) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 40 BENGKULU SELATAN

Rama Susanti, Timi and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2011) PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (Student Team-Achiement Division) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 40 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
TIMI RAMA SUSANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa seteIah proses pembelajaran Sains dengan menerapkan metode kooperatif lerning tipe STAD di kelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan. Ada pun rumusan masalah yang akan dikaji adalah Apakah dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe STAD pada proses belajar Sains dapat meningkatkan aktivitas proses belajar siswa dan meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Sains kelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan?. Jenis yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researcl) penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian dianalisa secara deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal, hasil yang didapat di penelitian ini yaitu pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 29 dari menjadi 37,5 kriteria baik, dan rata-rata skor untuk observasi siswa pada siklus I, dari 24,5 (cukup) menjadi sebesar 30 (baik). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisa data dengan menggunakan: rumus rata-rata nilai, persentasi ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data observasi dianalisa dengan menggunakan rumus rata-rata skor, kisaran nilai tiap kreteria. Hasil analisa nilai rata- rata 61,9, menjadi 71,7, dengan persentase ketuntasan klasikal dari 43,75% menjadi 81,25%. Disimpulkan penggunaan metode belajar kooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Sains khususnya dikelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:32
Last Modified: 20 Dec 2013 11:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item