Rama Susanti, Timi and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2011) PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (Student Team-Achiement Division) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 40 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![TIMI RAMA SUSANTI.pdf [thumbnail of TIMI RAMA SUSANTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TIMI RAMA SUSANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (404kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan
meningkatkan hasil belajar siswa seteIah proses pembelajaran Sains dengan
menerapkan metode kooperatif lerning tipe STAD di kelas IV SDN 40 Bengkulu
Selatan. Ada pun rumusan masalah yang akan dikaji adalah Apakah dengan
menggunakan metode kooperatif learning tipe STAD pada proses belajar Sains
dapat meningkatkan aktivitas proses belajar siswa dan meningkatan hasil belajar
pada mata pelajaran Sains kelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan?. Jenis yang
dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researcl) penelitian
ini dilakukan di kelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian dianalisa secara
deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal, hasil yang didapat di
penelitian ini yaitu pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 29
dari menjadi 37,5 kriteria baik, dan rata-rata skor untuk observasi siswa pada siklus
I, dari 24,5 (cukup) menjadi sebesar 30 (baik). Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisa
data dengan menggunakan: rumus rata-rata nilai, persentasi ketuntasan belajar
klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data observasi dianalisa dengan
menggunakan rumus rata-rata skor, kisaran nilai tiap kreteria. Hasil analisa nilai rata-
rata 61,9, menjadi 71,7, dengan persentase ketuntasan klasikal dari 43,75% menjadi
81,25%. Disimpulkan penggunaan metode belajar kooperatif learning tipe STAD
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Sains
khususnya dikelas IV SDN 40 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5121 |