Viviana, Viviana and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2011) PENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI METODE INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KAUR UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
SKRIPSI LENGKAP VIVIANA.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa di kelas IV SD Negeri 01 Kaur Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Adapun instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes. Jenis tes diberikan berbentuk tes esai. Analisis data observasi disusun berdasarkan skala penilaian, yang dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan analisis data tes digunakan persentase ketuntasan belajar siswa. Sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu siklus I rata-rata skor observasi guru 22 dan skor observasi siswa 22 termasuk kriteria cukup, sedangkan rata-rata nilai siswa 6,39 dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 40%. Siklus II rata-rata skor observasi guru 25 termasuk kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa 25 dengan kriteria baik. Sedangkan rata-rata nilai siswa 7,62 dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 88 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kaur Utara Provinsi Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:57 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:57 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5130 |
Actions (login required)
View Item |