PENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI METODE INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KAUR UTARA

Viviana, Viviana and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2011) PENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI METODE INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KAUR UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP  VIVIANA.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP VIVIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa di kelas IV SD Negeri 01 Kaur Utara. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan variabel bebas
dan variabel terikat. Variabel bebas adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan
model inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa.
Adapun instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes. Jenis tes
diberikan berbentuk tes esai. Analisis data observasi disusun berdasarkan skala
penilaian, yang dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan analisis
data tes digunakan persentase ketuntasan belajar siswa. Sehingga diperoleh hasil
penelitian yaitu siklus I rata-rata skor observasi guru 22 dan skor observasi siswa 22
termasuk kriteria cukup, sedangkan rata-rata nilai siswa 6,39 dan persentase
ketuntasan belajar siswa secara klasikal 40%. Siklus II rata-rata skor observasi guru
25 termasuk kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa 25 dengan kriteria baik.
Sedangkan rata-rata nilai siswa 7,62 dan persentase ketuntasan belajar siswa secara
klasikal yaitu 88 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan model
inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SD Negeri 01 Kaur Utara Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:57
Last Modified: 20 Dec 2013 11:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item
View Item