UPAYA MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BERMAIN LEMPAR DADU HURUF DI KELOMPOK B1 TK YASPORBI KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Umi Musa, Yuhanis and Mona , Ardina and Wembrayarli, Wembrayarli (2011) UPAYA MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BERMAIN LEMPAR DADU HURUF DI KELOMPOK B1 TK YASPORBI KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
YUHANIS UMI MUSA-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah pengunaan media bermain lempar dadu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B1 TK Yasporbi ?”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui media bermain lempar dadu huruf sebagai alat untuk menumbuhkan kemampuan membaca pemulaan anak, yang meliputi 2 aspek yang dapat dikelompokan menjadi kemampuan anak menyebutkan huruf dan kemampuan anak dalam merangkai huruf. Setiap aspek di beri nilai baik, cukup, dan kurang sesuai dengan kriteria penilaian. Subjek penelitian ini anak Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Yasporbi Kota Bengkulu dengan jumlah anak 14 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan dengan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; jumlah persentase keberhasilan (peningkatan) kemampuan menyebutkan huruf anak pada siklus I adalah 43% dan pada siklus II kemampuan anak dalam menyebutkan huruf meningkat menjadi 86% sedangkan jumlah persentase kemampuan anak dalam merangkai huruf pada siklus I adalah 28% dan siklus II meningkat menjadi 78% anak yang sudah mampu dalam merangkai huruf. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini bahwa: Penerapan media bermain lempar dadu huruf dapat menumbuhkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B1 TK Yasporbi Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:15
Last Modified: 20 Dec 2013 12:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5136

Actions (login required)

View Item View Item