STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SELUMA)

Wahyuni , Sri and Sahono, Bambang and Aliman, Aliman (2014) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SELUMA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sri.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,VLAMP,2-13-sri.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah strategi Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma? Rumusan khusus penelitian ini 1) bagaimana kepala sekolah melakukan evaluasi diri untuk peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma?; 2) bagaimana strategi kepala sekolah merencanakan peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma?; 3) bagaimana strategi kepala sekolah melaksanakan peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma?; 4) bagaimana strategi kepala sekolah melaksanakan monitoring dan evaluasi peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma?; dan 5) bagaimana kendala kepala sekolah dalam melaksanakan strategi peningkatan mutu guru dan solusinya di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma? Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) evaluasi diri untuk peningkatan mutu guru; 2) strategi kepala sekolah merencanakan peningkatan mutu guru; 3) strategi kepala sekolah melaksanakan peningkatan mutu guru; 4) strategi kepala sekolah melaksanakan monitoring dan evaluasi peningkatan mutu guru; dan 5) kendala kepala sekolah dalam melaksanakan strategi peningkatan mutu guru dan solusinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu : wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa yang digunakan yaitu induktif dengan langkah-langkah; ruduksi data, display data, perbandingan data dengan kriteria dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma sudah melakukan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Pelaksanaan EDS setiap setahun sekali, yang dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: kepala sekolah, wakil unsur guru, wakil komite sekolah, wakil orang tua siswa, dan pengawas. Adanya EDS menjadikan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma mempunyai alat atau instrument internal yang dapat dipakai untuk mengevaluasi kinerjanya, dapat mengetahui sampai dimanakah tingkat pencapaian mereka dilihat dari Standar Pelayan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan. Hasil dari EDS menunjukkan jumlah guru mata pelajaran 28 orang (cukup), kepala sekolah memeiliki tingkat pendidikan Kepala Sekolah adalah S-2 Tehnologi pembelajaran, kualifikasi pendidik di sekolah sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan dan kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. Kedua, strategi kepala sekolah dalam perencanaan peningkatan mutu guru Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma dilakukan dengan menyusun perencanaan peningkatan mutu guru dengan melandaskannya kepada visi, misi, dan tujuan sekolah yang sudah direncanakan. Perencanaan dilakukan dengan melibatkan semua civitas akademika sekolah termasuk melibatkan guru-guru dalam menentukan program atau rencana ke depan. Perencanaan yang dilakukan kepala sekolah juga sudah berdasarkan analisis kebutuhan (need assessment), dan analisa jabatan pekerjaan (job analysis). Ketiga, strategi kepala sekolah dalam melaksanakan peningkatan mutu guru Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma dilaksanakan dengan mengikutkan para guru dalam forum ilmiah (seminar, diklat, lokakarya, wokshop dan kursus), studi lanjut, revitalisasi MGMP, tunjangan kesejahteraan, penyediaan fasilitas penunjang seperti penyediaan fasilitas internet untuk mengakses informasi baru, pembelian buku baru yang menunjang terhadap kinerja guru dan mengikutkan guru dalam program sertifikat profesi. Keempat, strategi kepala sekolah untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi peningkatan mutu guru Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma dilakukan dengan mengadakan evaluasi terhadap perkembangan mutu guru. Evaluasi yang dilakukan adalah dengan melakukan supervisi pendidikan terhadap para guru. Sasaran maupun aspek yang dievaluasi adalah kehadiran guru (presensi), kinerja guru, prestasi dan perkembangan siswa, catatan kelas dalam hal ini adalah tes harian, mingguan, bulanan hingga semesteran, silabus dan RPP guru. Selain menggunakan supervisi pendidikan, kepala sekolah juga melakukan penilaian dengan menggunakan format penilaian yang sudah dibakukan oleh pemerintah yang dikenal dengan Daftar Penilaian Kinerja (DP3). Kelima, kendala yang dihadapi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah masih adanya guru yang rendah kesadarannya akan peningkatan mutu guru, masih adanya guru yang kurang berkompeten serta masih kurangnya jumlah guru sesuai kebutuhan. Solusi yang ditempuh Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma dalam mengatasi kendala peningkatan mutu guru adalah dengan secara terus menerus melakukan komunikasi dan kampanye budaya mutu pendidikan untuk guru yang masih rendah kesadarannya dan mengajukan permohonan tenaga guru melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, serta dengan melakukan pengangkatan guru honor untuk mengatasi kekurangan jumlah guru. Simpulan secara umum penelitian ini yaitu strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma dilakukan dengan melakukan evaluasi diri untuk peningkatan mutu guru, merencanakan peningkatan mutu guru, melaksanakan peningkatan mutu guru, melaksanakan monitoring dan evaluasi peningkatan mutu guru, dan juga terdapat kendala dan solusi untuk penerapan strategi peningkatan mutu guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma. Saran penelitian ini sebagai berikut: Pertama, kepada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma untuk selalu melakukan kegiatan evaluasi diri sekolah secara rutin dan transparan, karena evaluasi diri sebagai langkah awal bagi setiap sekolah yang ingin, atau merencanakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kehadiran Evaluasi Diri Sekolah (EDS) amat diperlukan oleh sekolah karena evaluasi ini adalah evaluasi internal yang dilakukan oleh dan untuk sekolah sendiri guna mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri Kedua, strategi kepala sekolah dalam perencanaan peningkatan mutu guru Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma hendaklah mengacu kepada perumusan visi dan misi serta tujuan sekolah. Selain mengacu dan berdasarkan visi, misi serta tujuan sekolah, proses perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut berdasarkan analisis kebutuhan (need assessment), dan analisa jabatan pekerjaan (job analysis) hal ini dimaksudkan agar tidak salah sasaran, tumpang tindihnya pekerjaan dan kelebihan guru (over load), dan untuk mengefektifkan dan mengetahui calon guru yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan seperti perkembangan kelas, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, kepada kepala sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma, agar melakukan upaya peningkatan mutu guru hendaknya melakukan secara bertahap dan melakukannya pada saat (timing) yang tepat. Pelaksanaan strategi peningkatan mutu guru merupakan pengembangan ketenagaan sebagai usaha untuk meningkatkan mutu serta efisiensi kerja seluruh tenaga (guru) yang berada dalam suatu unit organisasi (sekolah). Keempat, dalam konteks melaksanakan strategi peningkatan mutu guru, kepala sekolah, pengawas dan Dinas Pendidikan Seluma perlu mencarikan solusi untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu guru di sekolah ini. Sehingga kendala-kendala dapat teratasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 15:19
Last Modified: 10 Sep 2014 15:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item