MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN BERMAIN SENSORI MOTOR DI KELOMPOK B2 RA UMMATAN WAHIDAH

Pasaremi, Pasaremi and Wachidi, Wachidi and Sumantri, Manaf (2014) MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN BERMAIN SENSORI MOTOR DI KELOMPOK B2 RA UMMATAN WAHIDAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-pas.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-pas.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di ungkap adalah bagaimana meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan bermain sensori motor? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan bermain sensori motor di kelompok B2 RA Ummatan Wahidah Curup. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 sebanyak 20 orang anak, 10 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan, sedangkan objeknya adalah tentang konsentrasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penugasan. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik sederhana, yaitu persentase. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Siklus 1 pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 28 dan 30 April 2014, dan siklus 2 pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 7 dan 9 Mei 2014. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus 1 pertemuan 1 yang memperoleh nilai baik pada aspek perhatian sebanyak 50% dan aspek ingatan sebanyak 65%. Selanjutnya pada pertemuan kedua yang memperoleh nilai baik pada aspek perhatian sebanyak 65% dan aspek ingatan 70%. Pada siklus 2 pertemuan pertama untuk aspek perhatian yang memperoleh nilai baik meningkat menjadi 70% dan aspek ingatan sebanyak 70%. Pada pertemuan kedua untuk aspek perhatian yang memperoleh nilai baik meningkat menjadi 85% dan aspek ingatan meningkat menjadi 80%. Hal ini membuktikan bahwa dengan bermain sensori motor dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak. Dengan demikian guru hendaknya dalam proses pembelajaran tidak hanya berupa penyampaian teori saja kepada anak didik tetapi anak memerlukan adanya praktek langsung bermain sensori motor untuk meningkatkan konsentrasi mereka dalam belajar. Diharapkan guru selalu melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran agar tercapainya hasil yang lebih baik. Guru hendaknya menjalin kerja sama dengan orang tua anak didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, karena keluarga merupakan faktor utama yang mempengaruhi perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Oct 2014 15:05
Last Modified: 01 Oct 2014 15:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8683

Actions (login required)

View Item View Item