Julianti, Laila and Yuliantini, Nani and Kustianti, Sri Ken (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VB SDN 68 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-lai.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-lai.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis puisi siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan media gambar. Jenis penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN 68 Kota Bengkulu sebanyak 31 siswa pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan kemampuan menulis puisi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah, siklus I diperoleh rata- rata observasi aktivitas guru 40,5 kategori baik, siklus II 46,5 kategori baik. Rata- rata observasi aktivitas siswa siklus I 36,75 kategori cukup, siklus II 46,25 kategori baik. Siklus I diperoleh rata-rata kemampuan menulis puisi siswa 68,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 67,74%, siklus II rata-rata kemampuan menulis puisi siswa 77,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis puisi siswa pada Kelas VB SDN 68 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 08 Oct 2014 11:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2014 11:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8828 |
Actions (login required)
View Item |