Sulaiman, Sulaiman and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRETUNTUKMENINGKATKAN AKTIVITASDANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VSD NEGERI 98 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sul.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (305kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sul.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 98 Seluma. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: lembar penilaian aktivitas guru dan siswa, serta lembar testertulis dalam bentuk essay. Tehnik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan tesprestasi, dengan tehnik analisis data untuk data penilaindi analisis dengan rata-rata skor dan kriteriaskor, Sedangkan data tesdianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Padasiklus I diperoleh nilai rata-rata skorpenilain aktivitas guru sebesar 28 dengan kriteria “Cukup”.Rata-rata skor untuk aktivitas siswa sebesar 26 dengan kriteria “Cukup” dan padasiklus II mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata skoruntukaktivitas gurusebesar 36,5 dengan kriteria “Baik”. Rata-rata skor penilaian aktivitas siswa sebesar 37,5 dengan kriteria “Baik”. (2) Hasil belajar Matematika siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,3 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,7 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,66%.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Scientific dengan menggunakan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 98 seluma serta dapat meningkatkan aktivitas guru danaktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 08:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2014 08:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8881 |
Actions (login required)
View Item |