PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRETUNTUKMENINGKATKAN AKTIVITASDANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VSD NEGERI 98 SELUMA

Sulaiman, Sulaiman and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRETUNTUKMENINGKATKAN AKTIVITASDANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VSD NEGERI 98 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sul.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sul.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 98 Seluma. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: lembar penilaian aktivitas guru dan siswa, serta lembar testertulis dalam bentuk essay. Tehnik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan tesprestasi, dengan tehnik analisis data untuk data penilaindi analisis dengan rata-rata skor dan kriteriaskor, Sedangkan data tesdianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Padasiklus I diperoleh nilai rata-rata skorpenilain aktivitas guru sebesar 28 dengan kriteria “Cukup”.Rata-rata skor untuk aktivitas siswa sebesar 26 dengan kriteria “Cukup” dan padasiklus II mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata skoruntukaktivitas gurusebesar 36,5 dengan kriteria “Baik”. Rata-rata skor penilaian aktivitas siswa sebesar 37,5 dengan kriteria “Baik”. (2) Hasil belajar Matematika siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,3 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,7 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,66%.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Scientific dengan menggunakan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 98 seluma serta dapat meningkatkan aktivitas guru danaktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:44
Last Modified: 13 Oct 2014 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item View Item