UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK –PAIR-SHARE (TPS) SISWA KELAS V SDN 01 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Susanti, Susi and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK –PAIR-SHARE (TPS) SISWA KELAS V SDN 01 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 5 SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair- Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 01 Tanjung Kemuning yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal pada nilai akhir siklus, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata nilai dan kreteria nilai. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu, 1) meningkatkan aktivitas pembelajaran, (a) aktivitas guru siklus I mendapatkan skor 43 termasuk kategori “cukup”, pada siklus II mendapatkan skor 55 termasuk kategori “Baik”. (b) aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 42 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II meningkat menjadi 55 dengan kategori “baik’. 2) meningkatkan hasil belajar siswa. a) nilai rata-rata pada siklus I sebesar 64,82 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 50%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,23 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 5 SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Maka disarankan kepada guru kelas dan bidang studi mata pelajaran lainnya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 15:57
Last Modified: 15 Oct 2014 15:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item