Susanti, Susi and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK –PAIR-SHARE (TPS) SISWA KELAS V SDN 01 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (19MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (19MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 5 SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair- Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 01 Tanjung Kemuning yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal pada nilai akhir siklus, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata nilai dan kreteria nilai. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu, 1) meningkatkan aktivitas pembelajaran, (a) aktivitas guru siklus I mendapatkan skor 43 termasuk kategori “cukup”, pada siklus II mendapatkan skor 55 termasuk kategori “Baik”. (b) aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 42 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II meningkat menjadi 55 dengan kategori “baik’. 2) meningkatkan hasil belajar siswa. a) nilai rata-rata pada siklus I sebesar 64,82 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 50%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,23 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 5 SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Maka disarankan kepada guru kelas dan bidang studi mata pelajaran lainnya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 15:57 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 15:57 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9001 |
Actions (login required)
View Item |