EFEKTIFITAS KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN (STUDI PADA KEGIATAN KERJA GURU GUGUS III KECAMATAN CURUP TIMUR KABUPATEN REJANG LEBONG)

R, Berlian and Johanes , Sapri and Alexon, Alexon (2014) EFEKTIFITAS KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN (STUDI PADA KEGIATAN KERJA GURU GUGUS III KECAMATAN CURUP TIMUR KABUPATEN REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ber.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ber.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu forum kegiatan guru dalam upaya meningkatkan kompetensi professional guru diwilayah Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong. Adapun rumusan masalah secara umum adalah “Apakah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran guru, adapun rumusan masalah secara detail dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif dalam meningkatkan kemampuan guru merencanakan pembelajaran?, 2) Apakah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran?, 3) Apakah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran?. Tujuan Utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan kegiatan KKG dalam peningkatan kompetensi guru pada Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong. Selanjutnya secara khusus penelitian ini adalah : 1. Mengevaluasi efektivitas kegiatan KKG Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong dalam meningkatkan kemampuan guru merencanakan pembelajaran. 2. Mengevaluasi efektivitas kegiatan KKG Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran 3. Mengevaluasi efektivitas kegiatan KKG Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan penilaian pembelajaran Penelitian ini merupakan evaluasi yang mengkaji apakah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran guru. Penelitian evaluatif merupakan suatu desain dan prosedur dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan nilai atau manfaat dari suatu praktik. Penelitian ini mengikuti Model Steak. Hasil Penelitian ini sebagai berikut : 1) Efektifitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Merencanakan Pembelajaran, Pelaksanaan pengamatan dan penilaian terhadap rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru-guru di Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong, sebelumnya rencana pembelajaran guru-guru yang dinilai adalah persiapan guru mengajar sebelum diadakan kegiatan KKG, selanjutnya sesuai dengan program kerja Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong hasil temuan dari rencana pembelajaran guru-guru dibahas bersama-sama untuk diadakan perbaikan, setelah kegiatan KKG maka guru-guru kembali menyusun rencana pembelajaran untuk dinilai pada tahap kedua, berdasarkan hasil pelaksanaan penilaian yang dilaksanakan disimpulkan terjadi perbaikan cara guru merencanakan pembelajaran. 2) Efektifitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran terjadi perbaikan cara guru merencanakan pembelajaran 3) Efektifitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan Kemampuan guru menilai pembelajaran, terjadi perbaikan cara guru merencanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil Penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran guru hal ini sudah dibuktikan dari data yang sudah diolah berdasarkan Pengolahan data dari persiapan mengajar guru, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menunjukkan kenaikan nilai secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 10 Nov 2014 02:48
Last Modified: 10 Nov 2014 02:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9454

Actions (login required)

View Item View Item