PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KOTA BENGKULU

Mulyani, Sri and Saleh , Haji and Wahyu , Widada (2014) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan representasi matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan matematika realistik, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Data dianalisis dengan Anava Mixed Design. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu sebesar 65,0% dan terhadap kemampuan representasi matematika sebesar 60,0% serta terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah, yaitu sebesar 57,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 01:37
Last Modified: 13 Nov 2014 01:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9611

Actions (login required)

View Item View Item