PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM UPAYA PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN BAHAYA NAPZA DI KALANGAN ANAK DAN REMAJA DI KOTA BENGKULU

Manulang, Patria Subessy Rani and Herlambang, Herlambang and Helda, Rahmasary (2014) PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM UPAYA PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN BAHAYA NAPZA DI KALANGAN ANAK DAN REMAJA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sub.FH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (278kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sub.FH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui peranan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan bahaya napza di kalangan anak dan remaja di Kota Bengkulu dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Lembaga Swadaya Masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan bahaya napza di kalangan anak dan remaja di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dengan mendekati masalah yang diteliti dengan kenyataan yang berada di masyarakat, dan penelitian ini dilakukan di beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat yang bekerja di bidang napza, beberapa instansi yang bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, serta anak dan remaja yang pernah menggunakan napza di kehidupannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lembaga Swadaya Masyarakat dalam mewujudkan peranannya untuk mencegah dan menanggulangi bahaya napza di kalangan anak dan remaja di Kota Bengkulu, melakukan beberapa kegiatan yaitu mengadakan sosialisasi, penyuluhan, pendampingan, konseling, kampanye, diskusi, rehabilitasi, memberi informasi-informasi yang dibutuhkan oleh anak dan remaja tentang bahaya napza serta melakukan pendampingan apabila korban memilih penyelesaian melalui jalur hukum berupa bantuan hukum. Dalam melakukan kegiatannya, Lembaga Swadaya Masyarakat mengalami beberapa kesulitan, adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan Sumber Daya Manusia dan dana serta kurangnya koordinasi dari lembaga-lembaga lainnya. Namun, kesadaran dari para relawan untuk memberantas bahaya napza di kalangan anak dan remaja membuat Lembaga Swadaya Masyarakat dapat menjalankan peranannya .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:51
Last Modified: 11 Dec 2014 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10018

Actions (login required)

View Item View Item