PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI OLI PELUMAS ENDURO PERTAMINA DI KOTA BENGKULU

Suhandro, Suhandro and Soengkono, Soengkono (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI OLI PELUMAS ENDURO PERTAMINA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-suh.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-suh.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

PT Pertamina merupakah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu produsen terbesar untuk berbagai macam produk seperti oli dan pelumas, serta merupakan regulator untuk kebijakan bahan bakar minyak di Indonesia. Produk oli dan pelumas yang telah diproduksi oleh PT Pertamina diperuntukkan baik untuk kendaraan roda empat (mobil) maupun kendaraan roda dua (sepeda motor). Beberapa varian produk pelumas (oli) tersebut seperti PRIMA XP, Enduro, Mesran Super, Fastron, dan Meditran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan konsumen membeli oli pelumas Enduro Pertamina di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu dengan melakukan perhitungan statistik. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Sebagai penunjang dimanfaatkan data sekunder yang diperoleh berupa informasi dan data dan laporan, referensi serta dokumendokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Responden penelitian ini sebanyak 98 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil : (1) Secara simultan (bersama-sama) dimensi bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen membeli oli pelumas Enduro Pertamina; (2) Secara parsial, seluruh aspek bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli oli pelumas Enduro Pertamina; dan (3) Naik turunnya keputusan konsumen membeli oli pelumas Enduro Pertamina sebesar 59,3 persen dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi), sedangkan sisanya 40,7 persen dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah : (1) Mengingat segmen pelanggan oli pelumas di Bengkulu khususnya pada kendaraan sepeda motor adalah berasal dari berbagai kalangan dengan tingkat pendapatan yang bervariasi, perusahaan harus dapat menerapkan strategi yang sesuai untuk mampu bersaing dengan oli pelumas merek lainnya, seperti strategi marketing mix; (2) Perusahaan harus membina hubungan baik dengan pelanggan dengan cara melakukan event-event khusus bagi pengguna oli pelumas Enduro seperti bazar, gathering, service gratis, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Kegiatan ini selain sebagai sarana promosi, juga sebagai tanggungjawab perusahaan melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR); dan (3) Untuk penelitian lebih lanjut agar dikembangkan dengan mengamati variabel-variabel baru selain yang telah dilakukan dalam penelitian ini atau pada aspek perilaku konsumen maupun preferensi konsumen pada oli pelumas merek lainnya juga dapat dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 11 Dec 2014 12:10
Last Modified: 11 Dec 2014 12:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item