PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAGE HORIZON HOTEL BENGKULU

Alfiando, Yudi and Darmansyah, Darmansyah (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAGE HORIZON HOTEL BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yud.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-yud.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan salah satu parameter jaminan produk ataujasa yang dapat mendorong konsumen menjadi loyal. Kepuasan konsumen bersifat relatif dan selalu berubah sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Dengan demikian perlu ada upaya untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen agar perusahaan perhotelan dapat memberikan suatu produk dan layanan yang dapat memuaskan konsumen, sebab konsumen memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pelayanan jasa perhotelan yang dianggap memuaskan atau tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Dapat mengetahui pengaruh aspek produk terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu; (2) Dapat mengetahui pengaruh aspek harga terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu; (3) Dapat mengetahui pengaruh aspek lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu; (4) Dapat mengetahui pengaruh aspek promosi terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu; (5) Dapat mengetahui pengaruh aspek orang terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu; (6) Dapat mengetahui pengaruh aspek bukti fisik terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu; dan (7) Dapat mengetahui pengaruh aspek proses jasa terhadap kepuasan konsumen pada Garage Horizon Hotel Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yakni penelitian yang berusaha menjelaskan dan menggambarkan fenomena-fenomena sosial yang terjadi di lapangan dengan melakukan survey lapangan dan melakukan perhitungan-perhitungan statistik. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner atau angket yang akan disebarkan kepada para konsumen Garage Horizon Hotel Bengkulu. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Bauran pemasaran jasa yang dilaksanakan oleh Hotel Horizon Bengkulu secara umum telah berjalan dengan baik; (2) Kepuasan konsumen atas jasa layanan Hotel Horizon Bengkulu berada pada kategori puas/baik; (3) Secara simultan (bersama-sama) dimensi bauran pemasaran jasa berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen atas jasa layanan Hotel Horizon Bengkulu; (4) Secara parsial, hanya dimensi tempat (place) yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen atas jasa layanan Hotel Horizon Bengkulu; dan (5) Besar kecilnya kepuasan konsumen Hotel Horizon Bengkulu sebesar 59,3 persen dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran jasa, sedangkan sisanya 40,7 persen dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dari hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan, dapat diberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh manajemen Hotel Horizon Bengkulu, sebagai berikut: (1) Dari sisi produk/jasa pelayanan aspek yang masih perlu peningkatan adalah kamar yang nyaman dan fasilitas kolam renang yang bersih, sehingga dapat mengoptimalkan kepuasa konsumen; (2) Dari sisi harga, aspek yang masih perlu peningkatan adalah pengenaan tarif kamar yang sesuai dengan fasilitas yang diberikan, sehingga konsumen tidak merasa kecewa; (3) Dari sisi tempat, aspek yang masih perlu ditingkatkan adalah adanya petunjuk pencapaian lokasi yang jelas seperti adanya petunjuk arah di perempatan jalan, dan sebagainya, sehingga konsumen tidak sulit untuk menemukan lokasi hotel; (4) Dari sisi promosi, aspek yang masih perlu peningkatan adalah promosi melalui leafleat yang disebarkan di tempat-tempat strategis seperti lokasi penjualan tiket pesawat, biro travel/taksi dan sebagainya, sehingga konsumen dapat mencari lokasi pada leafleat tersebut; (5) Dari sisi karyawan, meningkatkan pelayanan roomboy di mana pelayanan roomboy tersebut dirasakan masih kurang, seperti meningkatkan kecepatan pelayanan, menambah jumlah roomboy yang ada, sehingga pelayanan kepada tamu lebih maksimal; (6) Dari sisi bukti fisik, menyediakan dan meningkatkan fasilitas keamanan, terutama keamanan kendaraan tamu dan barang-barang lainnya yang ditinggal di kamar, saat tamu berara/tidak berada di dalam kamar; dan (7) Dari sisi proses, meningkatkan kualitas pelayanan terutama kecepatan dalam proses pemesanan kamar, hal ini dilakukan untuk meningkatan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 11 Dec 2014 16:01
Last Modified: 11 Dec 2014 16:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item