PENGARUH PENGELOLAAN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI BENGKULU

Ardiansyah , Ardiansyah and Loesida , Roeliana and Nursanti, Nursanti (2014) PENGARUH PENGELOLAAN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ard.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ard.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kearsipan merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu dinas atau kantor yang dimulai dari proses penerimaan, pencatatan, penyimpanan, penemuan arsip kembali, peminjaman, serta penyusutan dan pemusnahan arsip, sedangkan efektivitas kerja yaitu suatu ukuran dalam melakukan pekerjaan agar tujuan pada suatu organisasi untuk memilih sasaran yang tepat dapat tercapai. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan pengukuran item pertanyaan melalui skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan sampel jenuh atau seluruh populasi pegawai di Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu sebanyak 40 orang. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini yaitu pengelolaan kearsipan dan efektivitas kerja. Variabel pengelolaan kearsipan diukur melalui indikator penerimaan arsip, pengarahan arsip, pencatatan, pengendalian arsip, penyimpanan, peminjaman, serta penyusutan dan pemusnahan arsip. Sedangkan pada variabel efektivitas kerja diukur melalui indikator waktu, kualitas kerja, kuantitas kerja, perlengkapan dan fasilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji statistik yang diperoleh dimana nilai r hitung = 0,569 > r tabel = 0,312 pada taraf signifikan 5% dengan N= 40, dan uji F test dimana didapat nilai F test = 18,129 lebih besar dari F tabel = 4,084 atau (18,129 > 4, 084) hasil perhitungan ini menunjukan bahwa pengelolaan kearsipan berpengaruh terhadap efektivitas kerja. Pernyataan ini juga mendukung hipotesa kerja yang berbunyi “Ada pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu”.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Dec 2014 08:32
Last Modified: 17 Dec 2014 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10063

Actions (login required)

View Item View Item