Amelia, Fitri and Achmad , Aminudin and Loesida , Roeliana (2014) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-fit.FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-fit.FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat tentang pelayanan pembuatan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi masyarakat tentang pelayanan pembuatan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian terfokus pada persepsi masyarakat tentang pelayanan pembuatan akta kelahiran. Enam aspek penelitian yaitu persepsi individu tentang prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi pelayanan. Pengumpulan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, 4 orang informan pegawai bidang Pencatatan Sipil dan 10 orang responden masyarakat yang mengurus akta kelahiran. Pengumpulan data ada dua sumber yaitu, data primer (wawancara dan observasi), dan data sekunder (dokumentasi). Untuk analisis data dilakukan secara kualitatif. Peneliti memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: aspek prosedur pelayanan yang dilihat dari alur pembuatan akta kelahiran dinilai masyarakat sudah sesuai alur; aspek waktu penyelesaian akta kelahiran dinilai masih belum maksimal karena petugas belum mampu memberikan pelayanan akta kelahiran secara tepat waktu; aspek biaya pelayanan dinilai tidak sesuai aturan karena masih adanya pungutan biaya sukarela; aspek produk pelayanan akta kelahiran sudah dinyatakan berjalan maksimal karena produk akta kelahiran sudah banyak diterima masyarakat secara akurat; kemudian aspek sarana dan prasarana yang dilihat dari loket pembuatan akta kelahiran dinilai sangat mudah dijangkau masyarakat, ruang tunggu masih kurang nyaman karena kurangnya kursi tunggu; selanjutnya aspek kompetensi petugas pemberi pelayanan dinyatakan sudah baik, petugas memberikan pelayanan dengan ramah dan sopan kepada masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 18 Dec 2014 08:16 |
Last Modified: | 18 Dec 2014 08:16 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10077 |
Actions (login required)
View Item |