ANALISIS UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PROVINSI BENGKULU

Febrianto, Nanda and Kahar , Hakim and Loesida , Roeliana (2014) ANALISIS UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-nan.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-nan.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Analisis Upaya Pimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai UPTD BPTP Provinsi Bengkulu”. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui upaya pimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai UPTD BPTP Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang mendalam, dokumentasi, dan observasi dengan sasaran penelitian yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Untuk mengetahui dari hasil penelitian ini peneliti menggunakan aspek penelitian yaitu motivasi yang berasal dari luar atau dari pimpinan. Adapun 4 aspek penelitian yang ada di dalamnya yaitu: penciptaan atmosfer yang mendorong perbaikan kerja, sensitif terhadap kebutuhan pegawai, pengawasan terhadap pegawai, penyediaan pekerjaan yang menantang bagi pegawai. Hasil penelitian upaya pimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai UPTD BPTP Provinsi Bengkulu, dilihat dari penciptaan atmosfer yang mendorong perbaikan kerja: pimpinan memberdayakan pegawai dalam rapat dan pengambilan keputusan serta penyusunan program kerja, rapat dilakukan sesuai dengan masing-masing bidang, sensitif terhadap kebutuhan pegawai: kebutuhan berprestasi, contohnya pimpinan selalu memberikan pengakuan terhadap hasil kerja pegawai serta pimpinan memberikan kepercayaan untuk mengerjakan pekerjaan lain, mendukung pegawai untuk sekolah lagi dan mengikuti DIKLAT, memberikan pekerjaan sesuai pendidikan dan memberi motivasi kepada pegawai tamatan SMA ketika diberi pekerjaan diluar pendidikannya, pengawasan terhadap pegawai: pimpinan melakukan pengawasan dalam bentuk pengontrolan diruangan kerja pegawai, ketika ada kegiatan baik di dalam ataupun di luar pimpinan tidak pernah melakukan pengontrolan terhadap pegawai serta pimpinan juga memberikan perhatian kepada pegawai terkena masalah serta mencarikan solusi bersama-sama, penyediaan pekerjaan yang menantang bagi pegawai: penyediaan pekerjaan yang menantang tidak ada, dikarenakan program kerja kegiatan dikantor sifatnya rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 18 Dec 2014 15:55
Last Modified: 18 Dec 2014 15:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item