STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS PERAWATAN (STUDI PERBANDINGAN PADA PUSKESMAS BERINGIN RAYA DAN PUSKESMAS RATU AGUNG KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU)

Siregar , Setia Palti Gunawan and Sugeng , Suharto and Alimansyah, Alimansyah (2014) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS PERAWATAN (STUDI PERBANDINGAN PADA PUSKESMAS BERINGIN RAYA DAN PUSKESMAS RATU AGUNG KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-set.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-set.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan Puskesmas Beringin Raya dan Puskesmas Ratu Agung dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan untuk mengetahui apa kendala yang dialami Puskesmas Beringin Raya dan Puskesmas Ratu Agung dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan sebanyak 12 orang yang terdiri dari Puskesmas Beringin Raya dan Puskesmas Ratu Agung masing-masing adalah 1 orang dokter, 1 orang bidang, 1 orang perawat, 1 orang TU dan 2 orang pasien . Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa restruktur organisasi pada Puskesmas Ratu Agung dan Puskesmas Beringin Raya dengan menggunakan struktur organisasi yang merujuk pada peraturan yang berlaku yaitu dengan menggunakan struktur organisasi fungsional karena organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut. Dalam organisasi ini seorang tenaga kerja tidak hanya bertanggung jawab kepada satu atasan saja. Pemanfaatan teknologi sarana dan prasarana sudah baik akan tetapi dalam pemeliharaannya kurang baik sehingga banyak sarana dan prasarana yang rusak. Program pelatihan bagi pegawai dan tenaga medis sudah dilakukan dengan baik tetapi dalam membangun kemitraan dimasyarakat belum dilakukan secara optimal baik Puskesmas Beringin Raya maupun Puskesmas Ratu Agung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Dec 2014 15:32
Last Modified: 19 Dec 2014 15:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item