ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ATAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA RAFFLESIA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Ramdiastuti , Wenny and Jarto, Tarigan and Djonet, Santoso (2014) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ATAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA RAFFLESIA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-wen.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (72MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-wen.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (72MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar keberhasilan PDAM Tirta Rafflesia kabupaten Bengkulu Tengah dalam memenuhi kebutuhan pelanggan berdasarkan kinerja pelayanan yang telah diberikan pihak PDAM. Penelitian mengenai Kepuasan Pelanggan Atas Pelayanan PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah ini, menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Adapun teknik pengambilan Responden dan Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Snowball Sampling, 3 orang dijadikan informan dan 15 orang dijadikan responden. Karena peneliti melakukan wawancara dengan berbagai pihak terkait untuk menguraikan berbagai masalah yang sering terjadi mengenai pelayanan di PDAM Tirta Rafflesia sehingga pelanggan dan informasi pegawai PDAM itu sendiri sangat dibutuhkan dalam penelitian ini. Sedangkan aspek penelitian yang digunakan peneliti dalam skripsi ini meliputi dua aspek yaitu Kepuasan Pelayanan Administratif dan Kepuasan Pelayanan Produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada PDAM Tirta Rafflesia kabupaten Bengkulu Tengah memiliki tiga unit pelayanan yaitu Unit Pondok Kelapa, unit Taba Penanjung dan unit Karang Tinggi. Dari ketiga unit tersebut, memiliki tingkat kualitas air yang berbeda–beda dan berbeda pula pendapat yang diberikan oleh pelanggan yang menggunakan air PDAM tersebut. Perbedaan tersebut dapat dilihat berdasarkan pelayanan produk yaitu dari jernih atau keruhnya air dan lancar atau tidak air yang mengalir ke rumah – rumah pelanggan. Sedangkan pelayanan administratif dilihat dari pendapat pelanggan dan informasi pegawai ketika adanya pelayanan tersebut sedang diajukan pelanggan, maka disitulah dapat diketahui bagaimana kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh PDAM Tirta Rafflesia dalam melayani pelanggannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 09:17
Last Modified: 22 Dec 2014 09:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item