KHITANPEREMPUAN PADA MASYARAKAT SUKU PASEMAH STUDI KASUS DI DESA NANJUNGAN KECAMATAN PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG SUMATRA SELATAN

Lenah, Desna and Sri , Hartati and Asep , Topan (2014) KHITANPEREMPUAN PADA MASYARAKAT SUKU PASEMAH STUDI KASUS DI DESA NANJUNGAN KECAMATAN PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG SUMATRA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-des.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (25MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-des.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses khitan perempuan masyarakat Suku Pasemah di desa Nanjungan Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang dan makna yang terkandung dalam setiap ritualnya serta nilai-niai yang termuat di dalam proses pelaksanaan khitan perempuan. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, pemilihan informan dilakukan berdasarkan teknik non probability sampling dengan purposive sampling.Pengumpulan data dengan menggunakan teknik yang menggabungkan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data berlangsung secara terusmenerus bersama dengan proses pengumpulan data. Aktivitas analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teori yang digunakan adalah teori struktural fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khitan perempuan pada masyarakat suku Pasemah disebut Bekayi’an yang dilakukan ketika anak perempuan berusia lima sampai delapan tahun.Bekayi’an ini terdiri dari ritual-ritual dan diikuti oleh pesta perayaan.Setiap ritual mengandung maknanya masing-masing, adapun nilainilai yang terkandung dalam khitan perempuan adalah nilai ekonomi dan nilai sosial yang diantaranya fungsi insiasi atau deklarasi, solidaritas social dan nilai anak perempuan bagi masyarakat suku Pasemah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 24 Dec 2014 11:27
Last Modified: 24 Dec 2014 11:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item