MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELUKIS SEDERHANA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS KELOMPOK B DI PAUD HARAPAN BUNDA KOTA BENGKULU)

Hayati, Hijratul and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELUKIS SEDERHANA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS KELOMPOK B DI PAUD HARAPAN BUNDA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-hij.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-hij.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus melalui melukis sederhana, dengan subjek penelitian ini 14 orang anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 7 orang anak perempuan, dikelompok B1 di PAUD Harapan Bunda Kota Bengkulu Teknik penelitian ini adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Siklus 1 menerapkan kegiatan melalui menukis sederhana dengan menggunakan observasi, siklus 2 dengan menerapkan kegiatan melalui melukis sederhana dengan unjuk kerja. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, observasi, refleksi. Kemudian dilakukan perhitungan dari pengamatan dan rekapitulasi yang hasilnya sangat signifikan siklus 1 24% dan siklus 2 meningkat menjadi 86%. Hal ini berarti melalui kegiatan melukis sederhana dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini terutama pada PAUD Harapan Bunda Kota Bengkulu Tahun 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Jan 2015 15:26
Last Modified: 16 Jan 2015 15:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item