PENERAPAN SENAM FANTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK PADA PAUD HUTARI DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD HUTTARI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG)

Jamila, Jamila and Sazili, Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) PENERAPAN SENAM FANTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK PADA PAUD HUTARI DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD HUTTARI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-jam.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-jam.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah kegiatan senam ritmik dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak yang mencakup kecerdasan kinestetik tertentu atau keterampilan motorik halus yang mencakup keterampilan anak pelatihan dengan tenang, keterampilan koordinasi gerakan anak-anak dikaki kiri dan kaki kanan pada kelompok anak usia dini kelompok B PAUD Hutari jenis anak dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh dua siklus. Subjek kelompok B yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari enam orang laki-laki dan sepuluh anak perempuan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan analisis data teknik menggunakan teknik analisis statistik dan keberhasilan presentasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fantasi melalui kegiatan senam dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak yang dibuktikan dengan hasil persiklusan dan tingkat keberhasilan satu siklus mencapai 52,2% dari siklus II terjadi peningkatandari 75%, dari hasil penelitian ini bisa direkomondasi. Untuk guru anak usia dini yang terbukti fantasi kegiatan senam dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Jan 2015 08:58
Last Modified: 19 Jan 2015 08:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10271

Actions (login required)

View Item View Item