PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KATA PADA KELOMPOK B PAUD PERMATA BUNDA DESA AIR PIKAT KABUPATEN REJANG LEBONG

Nawati, Meyes and Sri , Saparahayuningsih and Didi , Yulistio (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KATA PADA KELOMPOK B PAUD PERMATA BUNDA DESA AIR PIKAT KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mey.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-mey.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu kata pada Kelompok B PAUD Permata Bunda Desa Air Pikat . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah Kelompok B PAUD Permata Bunda Desa Air Pikat yang berjumlah 20 anak. Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan membaca anak dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian ini bahwa kemampuan membaca dengan menggunakan teknik permainan kartu kata pada kelompok B PAUD Permata Bunda Desa Air Pikat Kabupaten Rejang Lebong meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase pada siklus I 45% anak dalam kategori baik dan karena ada penyempurnaan dari beberapa kekurangan siklus I pada siklus II meningkat menjadi 85 %. pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B PAUD Permata Bunda Desa Air Pikat kabupaten Rejang Lebong. Saran dari hasil penelitian ini adalah hendaknya para pendidik anak usia dini menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan kepada anak untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 10:43
Last Modified: 19 Jan 2015 10:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item