MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PADANG ULAK TANDING

Oktarina , Tati and Sri , Saparahayuningsih and Didi , Yulistio (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PADANG ULAK TANDING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-tat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di kelas B TK Pembina Padang Ulak Tanding melalui metode bermain peran dengan menggunakan boneka tangan.Penelitian yang dilakukan adalah Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi danrefleksi. Subjek penelitia nadalah guru dan siswa kelas B TK Negeri Pembina Padang Ulak Tanding.Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes.Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria, sedangkan data tes di analisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal.Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pada siklus I rata-rata nilai pengamatan guru 14 termasuk kategori “Cukup”, sedangkan rata-rata nilai pengamatan siswa 11 termasuk kategori “Cukup” dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 53,33% dengan nilai rata-rata 74,4. Pada siklus IIrata-rata nilaipengamatan guru 17termasukkategori “Baik”, sedangkan rata-rata nilai pengamatan siswa 17 termasuk dalam kategori “Baik” dan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 80,53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran dengan menggunakan boneka tangan dapatmeningkatkan kemampuan berbicaradi TK Negeri Pembina Padang Ulak Tanding.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 11:59
Last Modified: 19 Jan 2015 11:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item