UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA TUTUP BOTOL (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B TK TRIBINA MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS)

Susanti, Susanti and Agus , Joko Purwadi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA TUTUP BOTOL (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B TK TRIBINA MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Masalah yang dianalisa dalam skripsi ini adalah apakah melalui bermain dengan media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Tk Tribina Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui bermain dengan media tutup botol pada anak Tk Tribina Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak Tk Tribina yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Teknik analisis data menggunakan teknik diskriptif kualitatif dan teknik kuantitatif sederhana berupa persentase. Setelah melakukan penelitian maka diperoleh data pada siklus I peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui bermain dengan media tutup botol 50%, siklus II 72% dan siklus III 83% terjadi peningkatan belajar dan keberhasilan, kemampuan meningkatkan pembelajaran juga sebagian peningkatan keaktifan dan keterlibatan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui dengan bermain dengan media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak pada anak Tk Tribina Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 15:02
Last Modified: 19 Jan 2015 15:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item