PENERAPAN PERMAINAN KOTAK ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM MARDHOTILLAH 3 KOTA LUBUKLINGGAU)

Surastina, Surastina and Rambat , Nur Sasongko and Agus , Joko Purwadi (2015) PENERAPAN PERMAINAN KOTAK ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM MARDHOTILLAH 3 KOTA LUBUKLINGGAU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Massalah yang dianalisa dalam skripsi ini adalah apakah melalui penerapan permainan kotak angka dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak TK Islam Mardhotillah 3 Kota Lubuklinggau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B di TK Islam Mardhotillah 3 Kota Lubuklinggau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mardhotillah 3 yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan Siklus III. Teknik analisis yang digunakan adalah dengaan menggunakan data statistik sederhana berupa persentase. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I kemampuan anak dalam mengenal angka sebesar 20%, kemudian pada siklus II meningkat 50%, dan pada siklusIII mengalami peningkatan kembali menjadi 85%, terjadi peningkatan belajar dan keberhasilan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan dengan menggunakan kotak angka dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B TK Islam Mardhotillah 3 Kota Lubuklinggau.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 15:12
Last Modified: 19 Jan 2015 15:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10303

Actions (login required)

View Item View Item