PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DIRI KELOMPOK B KELAS BALQIS RA RABBI RADHIYYA CURUP

Herawati, Neti and Manap, Somantri and Norman, Syam (2015) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DIRI KELOMPOK B KELAS BALQIS RA RABBI RADHIYYA CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-net.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-net.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab anak melalui metode pembiasaan diri anak Kelompok B Kelas Balqis Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya Curup yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pengumpulan datanya adalah lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Hasil penelitian pada siklus pertama yang memperoleh kriteria sangat baik dalam aspek mengerjakan tugas 45 %, tertib saat berbaris 50 %, merapikan mainan 50 %, datang ke sekolah tepat waktu 45 %, mau mengantri 45 %, mau mengakui 45 %, sedangkan hasil penelitian siklus kedua yang memperoleh kriteria sangat baik dalam aspek mengerjakan tugas 85 %, tertib saat berbaris 80 %, merapikan mainan 70 %, datang kesekolah tepat waktu 70 %, mau mengantri 75 %, mau mengakui kesalahan 85 %. Hal ini menunjukkan bahwa antara siklus pertama dan siklus kedua mengalami peningkatan, jadi untuk meningkatkan tanggung jawab anak, maka guru dapat menggunakan metode pembiasaan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Jan 2015 15:26
Last Modified: 19 Jan 2015 15:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item