MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG KELOMPOK B DI PAUD AL-SYAFAQOH KELURAHAN SUKARAJA KECAMATAN CURUP TIMUR KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Sudarti, Sri and Wembrayarli, Wembrayarli and Asep , Suratman (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG KELOMPOK B DI PAUD AL-SYAFAQOH KELURAHAN SUKARAJA KECAMATAN CURUP TIMUR KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dari penekitian ini adalah apakah dengan meningkatkan kecerdasan Sosial Emosional pada anak Usia Dini Kelompok B DI PAUD lsyafaqoh Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalahuntuk melihat apakah dengan melakukan permainan cublak cublak suweng dapatmeningkatkan kecerdasan sosial emosional anak, Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut: a)perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi. Subjek penelitian berjumlah 10 anak kelompok B DI PAUD l-syafaqoh Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi, aktifitas dan lembar observasi guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Setelah data yang di peroleh di analisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan melalui permainan Cublak-cublak suweng dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosionalanak terbukti pada siklus I hanya mencapai indicator keberhasilan 20% dan siklus II MENCAPAI INDIKATOR KEBERHASILA 80% DARI HASIL TERSEBUT maka di sarankan kepada guru-guru bahwa melalui permainan cublak-cublak suweng merupakan cara yang dapatdi gunakan untuk meniningkatkan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 09:24
Last Modified: 20 Jan 2015 09:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item