PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MORAL ANAK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B RA ANNAJIYAH LUBUKLINGGAU)

Susanti, Sinta and Rambat , NS and Agus , Joko Purwadi (2015) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MORAL ANAK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B RA ANNAJIYAH LUBUKLINGGAU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sin.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sin.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu apakah dengan media animasi dapat meningkatkan kesadaran moral anak pada usia dini. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kesadaran moral pada anak kelompok B RA. Annajiyah Lubuklinggau. Instrumen penelitian yang digunakan dalam tindakan kelas ini adalah menggunakan teknik observasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan indikator keberhasihan adalah 80%. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa dalam pembelaran meningkatkan kesadaran moral anak dengan media animasi diperoleh hasil sebagai berikut; pada siklus satu dalam pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran moral anak memperoleh hasil rata-rata 63.70% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan memperoleh hasil rata-rata 74% dengan kategori baik. Pada siklus ketiga terus mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan memperoleh hasil rata-rata 81.70% dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media animasi dapat meningkatkan kesadaran moral anak Kelompok B RA. Annajiyah tahun pembelajaran 2014 /2015.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:34
Last Modified: 20 Jan 2015 10:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10323

Actions (login required)

View Item View Item