PERANCANGAN SABUK PINGGANG SENSOR ULTRASONIK PENDETEKSI BENDA UNTUK TUNANETRA BERJALAN DENGAN OUTPUT AUDIO BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Bahteradinata , Mario and Indra, Agustian and Alex, Surapati (2015) PERANCANGAN SABUK PINGGANG SENSOR ULTRASONIK PENDETEKSI BENDA UNTUK TUNANETRA BERJALAN DENGAN OUTPUT AUDIO BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-mar-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mar-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tunanetra adalah seseorang yang memiliki hambatan dalam penglihatan atau tidak berfungsinya indera penglihatan. Perancangan Sabuk yang di khususkan untuk para penyandang tunantera dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan alat yang dapat mendeteksi keberadaan benda di depan penderita tunanetra dengan output suara berbasis mikrokontroler. Perancangan ini melalui dua tahap, yaitu tahap perancangan hardware dan software. Hardware yang digunakan dalam perancangan alat ini adalah sensor Ultrasonik D-Sonar untuk mengukur jarak pengguna dengan benda di depannya. Tinggi benda yang dideteksi oleh sensor ping terhadap benda berupa spidol 79,78 cm, gelas 87,65 cm, kertas 56,6 cm, dinding 56,6 cm, dan manusia 65,38 cm. Mikrokontroler ATmega8535 sebagai memori program, dan ISD 1760 sebagai perekam suara untuk output. Software pada alat ini menggunakan codevisionAVR. Pada jarak <100 cm dengan bunyi terputus-putus agak pelan. Pada jarak <50 cm akan berbunyi terputus-putus agak kencang. Untuk jarak <30 cm buzzer akan berbunyi secara kontinyu yang dihubungkan dengan earphone yang mengeluarkan suara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 29 Jan 2015 12:05
Last Modified: 31 Jan 2015 15:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10409

Actions (login required)

View Item View Item