PENERAPAN NILAI-NILAI MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN

Elfanetri, Elfanetri (2015) PENERAPAN NILAI-NILAI MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-elf-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (31MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-elf-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (32MB)

Abstract

Penerapan nilai-nilai manajemen sekolah untuk meningkatkan pembelajaran merupakan suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya. Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu merupakan suatu satuan/unit layanan pendidikan menengah atas yang menjadi tempat berlangsungnya proses belajar mengajar antara siswa dengan guru di bawah naungan Departemen Agama. Ada dua hal yang ingin dicapai melalui pembangunan MAN 2 Kota Bengkulu, yaitu; pertama, menciptakan madrasah berkualitas yang mewakili masing-masing satuan pendidikan di masing-masing wilayah, sekurang-kurangnya satu propinsi satu Madrasah, kedua Madrasah berperan sebagai “Agent Of Change” atau agen perubahan yang akan membawa/membina madrasah-madrasah disekitarnya.Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai manajemen sekolah untuk meningkatkan pembelajaran di MAN 2 Kota Bengkulu. Permasalahan khusus penelitian ini adalah: Nilai-nilai manajemen sekolah yang bagaimana di terapkan dalam rangka meningkatkan pembelajaran? Bagaimana pelaksanaan nilai-nilai manajemen sekolah tersebut?. Bagaimana penerapan nilai-nilai manajemen sekolah tersebut dimonitor dan dievaluasi?.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan nilai-nilai manajemen sekolah untuk meningkatkan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu. Selanjutnya tujuan khusus untuk. mendeskripsikan nilai-nilai manajemen sekolah dalam rangka peningkatan pembelajaran. Pelaksanaan nilai-nilai manajemen sekolah, penerapan nilai-nilai manajemen sekolah dimonitor dan dievaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif.Hasil analisis data menemukan bahwa penerapan niali-nilai manajemen sekolah untuk meningkatkan pembelajaran di MAN 2 Kota secara umum sudah baik dan mendukung peningkatan. Pertama, Kepala sekolah sudah mengimplementasikan partisipasi aktif seluruh warga sekolah terutama dalam perumusan dan penyusunan program-program sekolah. Dalam penerapan nilai-nilai manajemen sekolah MAN 2 Kota Bengkulu telah menerapkannya agar dapat meningkatkan pemebelajaran, Nilai-nilai manajemen tersebut adalah efektif, efisien, akuntabel, penjamin mutu, inovatif, produktivitas. Kedua, dalam pelaksanaan nilai-nilai manajemen sekolah di MAN 2 Kota Bengkulu pelaksanaannya sbb: pelaksanaan manajemen kurikulum, pelaksanaan manajemen kesiswaan, pelaksanaan manajemen personalia.Ketiga, penerapan nilai-nilai manajemen sekolah tersebut dimonitor dan dievaluasi. Moitoring dan evaluasi merupakan bagian integral dari pengelolaan pendidikan, monitoring dilakukan pada pelaksanaan, sedangkan evaluasi dilakukan pada akhir kegiatan.Simpulan penelitian menunjukkan bahwa Penerapan nilai- nilai manajemen sekolah yang merupakan dasar sekaligus memberi arah bagi sikap dan guru di Sekolah dalam menjalankan tugas sehari-hari, selain itu, nilai- nilai tersebut juga akan menyatukan hati dan pikiran dalam usaha mewujudkan visi dan misi. Nilai-nilai yang harus diperhatikan oleh guru-guru Sekolah meliputi: (1) Input yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam rangka mencapai keunggulan yang meliputi: amanah, profesional, antusias, bertanggung jawab, kreatif, disiplin, peduli dan pembelajaran sepanjang hayat. (2) Process yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan untuk mencapai dan mempertahankan kondisi yang diinginkan yaitu meliputi: visioner dan berwawasan, menjadi teladan, memotivasi mengilhami, memberdayaan, membudayakan, taat azas, koordinatif, dan bersiergi dalam rangka kerja tim serta akuntabel. (3) Output yakni nilainilai yang harus diperhatikan oleh para siswa yaitu: produktif (efektif dan efesien), dapat dipercaya (andal), responsif dan aspiratif, antipatif dan inovatif serta demokratif, berkeadilan dan inklusif. Nilai masukan yang tepat akan mengantisipasi karakteristik guru, nilai masukan selanjutnya akan nilai proses dengan baik dalam manajemen organisasi sekolah untuk meningkatkan mutu. Selanjutnya nilai input dan nilai proses akan menghasilkan nilai keluaran yang akan memfokuskan pada hal-hal yang diharapkan dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan dengan lebih baik. Disarankan hendaknya Kepala Sekolah selalu memberikan contoh dan sosialisasi tentang tata nilai yang ideal kepada para staf dalam usaha mewujudkan visi dan misi. Salah satu upaya yang efektif untuk mendukung penerapan nilai-nilai manajemen sekolah adalah memperdayakan peran kepemimpinanya. Oleh karena itu peran kepeminpinan Kepala Sekolah harus ditingkatkan sesuai tata nilai yang ideal. Hal ini akan sangat menentukan keberhasilan dalam melaksanakan proses pembangunan pendidikan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Penerapan nilai- nilai yang merupakan dasar sekaligus memberi arah bagi sikap dan guru di Sekolah dalam menjalankan tugas sehari-hari, selain itu, nilai- nilai tersebut juga akan menyatukan hati dan pikiran dalam usaha mewujudkan visi dan misi. Nilai-nilai yang harus diperhatikan oleh guru-guru Sekolah meliputi: (1) Input yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam rangka mencapai keunggulan yang meliputi: amanah, profesional, antusias, bertanggung jawab, kreatif, disiplin, peduli dan pembelajaran sepanjang hayat. (2) Proses yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan untuk mencapai dan mempertahankan kondisi yang diinginkan yaitu meliputi: visioner dan berwawasan, menjadi teladan, memotivasi mengilhami, memberdayaan, membudayakan, taat azas, koordinatif, dan dalam rangka kerja tim serta akuntabel. (3) Output yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan oleh para siswa yaitu: produktif (efektif dan efesien), dapat dipercaya (andal), responsif dan aspiratif, antipatif dan inovatif serta demokratif, berkeadilan dan inklusif. Nilai masukan yang tepat akan mengantisipasi karakteristik guru, nilai masukan selanjutnya akan menjalankan nilai proses dengan baik dalam manajemen organisasi sekolah untuk meningkatkan mutu. Selanjutnya nilai input dan nilai proses akan menghasilkan nilai keluaran yang akan memfokuskan pada hal-hal yang diharapkan dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan dengan lebih baik. Disarankan hendaknya Kepala Sekolah selalu memberikan contoh dan sosialisasi tentang tata nilai yang ideal kepada para staf dalam usaha mewujudkan visi dan misi. Saran, diharapkan kepala sekolah perlu lebih mengintensifkan pembinaan dan supervisi terhadap penerapan nilai-nilai manajemen sekolah ini agar dapat meningkatkan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Feb 2015 11:12
Last Modified: 23 Feb 2015 11:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item