PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INTRUCTION PADA PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI HEWAN VERTEBRATA SMA KELAS XI IPA

Agusdina, Lisya and Desi , Andreswari and Abas, Abas (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSISTED INTRUCTION PADA PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI HEWAN VERTEBRATA SMA KELAS XI IPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-lis-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-lis-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan ini adalah menganalisis dan mengembangkan Aplikasi Pembelajaran Praktikum Biologi Sistem Ekskresi Hewan Vertebrata berbasis Computer AssistedIntruction. Analisis yang dilakukan antara lain dengan melakukan penelitian atas aplikasi yang akan dibangun dan melakukan pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam melakukan pembangunan aplikasi. Hasil penelitian berupa visualisasi Computer Assisted Instruction (CAI) dengan model tutorial dan simulasi sebagai media pembelajaran praktikum biologi dengan komputer untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas XI IPA. Pembuatan Computer Assisted Instruction pada komputer ini menggunakan aplikasi pengkodingan javascript. Objek tiga dimensi yang dibuat dengan menggunakan Unity 3D. Hasil analisis dan perancangan aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pengguna untuk mempelajari organ tubuh hewan vertebrata sebagai alat ekskresi hewan reftilia berbasis Computer Assisted Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Mar 2015 10:43
Last Modified: 12 Mar 2015 10:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item