IMPLEMENTASI HIDDEN MARKOV MODEL UNTUK APLIKASI PENGENALAN SUARA DAN UCAPAN SEBAGAI SISTEM PENGAMANAN UNTUK PERANGKAT KOMPUTER/LAPTOP MENGGUNAKAN LINEAR PREDICTIVE CODING (LPC)

Nasrullah, Nasrullah and Ernawati, Ernawati and Endina, Putri Purwandari (2015) IMPLEMENTASI HIDDEN MARKOV MODEL UNTUK APLIKASI PENGENALAN SUARA DAN UCAPAN SEBAGAI SISTEM PENGAMANAN UNTUK PERANGKAT KOMPUTER/LAPTOP MENGGUNAKAN LINEAR PREDICTIVE CODING (LPC). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-suh-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Pengamanan perangkat komputer sangat diperlukan untuk menjaga data-data yang berada di dalamnya agar dapat terjaga dengan aman. Pada penelitian ini, dibangun aplikasi pengamanan untuk proses login windows yang menggunakan suara dan ucapan user. Metode yang digunakan adalah metode Hidden Markov Model (HMM) untuk mengenali ucapan user yang berupa kata-kata yang memiliki arti. Kemudian digunakan juga Linear Predictive Coding (LPC) sebagai ekstraksi ciri untuk mengenali ciri suara user yang mengucapkan kata-kata tersebut. Aplikasi yang dibangun dengan kedua metode tersebut adalah aplikasi desktop untuk proses pelatihan dan pengujian suara dan ucapan user dan aplikasi startup untuk proses login perangkat komputer. Pada penelitian ini, penerapan metode LPC menghasilkan pengenalan ucapan yang sama kepada user yang berbeda sebesar 100%, pengenalan ucapan yang berbeda dari user yang sama sebesar 100%. Sedangkan penerapan metode HMM menghasilkan pengenalan suara berdasarkan banyaknya pelatihan sebesar 84%, pengenalan ucapan berdasarkan banyaknya kata yang diucapkan sebesar 100%. Untuk pengenalan suara dan ucapan dengan intonasi suara berbeda oleh user yang sama rerata sebesar 94%. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman Delphi 7.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Mar 2015 11:00
Last Modified: 12 Mar 2015 11:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item