APLIKASI BUSINESS INTELLIGENCE (BI) DATA PASIEN RUMAH SAKIT M. YUNUS BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE OLAP (ONLINE ANALYTICAL PROCESSING)

Johar T, Asahar and Arie , Vatresia and Lia, Martasari (2015) APLIKASI BUSINESS INTELLIGENCE (BI) DATA PASIEN RUMAH SAKIT M. YUNUS BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE OLAP (ONLINE ANALYTICAL PROCESSING). Rekursif, 3 (1). pp. 12-22. ISSN 9-772303-075009

[img]
Preview
Text
Rekursif-Aplikasi Bisnis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan aplikasi business intellegence yang membantu Manajemen Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu dalam menganalisa data pasien. Metode yang digunakan adalah OLAP (Online Analytical Processing), sedangkan untuk analisis dan desain sistemnya menggunakan pendekatan berorientasi objek. Dalam membangun aplikasi business intellegence ini digunakan SQL Server 2000, komponen Contourcube ActiveX 2.0 dan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0. Sistem aplikasi ini memiliki kemampuan yaitu menganalisis data pasien sehingga dapat ditentukan jumlah pasien dan jumlah diagnosa dilihat dari berbagai dimensi, seperti berdasarkan waktu, kabupaten, penyakit, jenis rawat pasien, ruangan, kamar perawatan, dokter yang merawat dan jenis pasien. Aplikasi ini merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan dalam menghasilkan laporan yang akurat tentang data pasien, serta bermanfaat untuk pengevaluasian kegiatan operasional dalam merawat pasien, penilaian dan pengawasan mutu pelayanan rumah sakit.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 23 Mar 2015 10:27
Last Modified: 23 Mar 2015 10:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item