PERANAN PEMUKA MASYARAKAT UNTUK MENDORONG PARTISIPASI ANGGOTA P3A DALAM PENGELOLAAN AIR IRIGASI ( Studi Kasus di Daerah Irigasi Air Malunto, Bengkulu Utara

Dany, Yusril and Meizul , Zuki (2005) PERANAN PEMUKA MASYARAKAT UNTUK MENDORONG PARTISIPASI ANGGOTA P3A DALAM PENGELOLAAN AIR IRIGASI ( Studi Kasus di Daerah Irigasi Air Malunto, Bengkulu Utara. Project Report. Lembaga Penelitian UNIB. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Peranan Pemuka Masyarakat.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB) | Preview

Abstract

Sepanjang perjalanan Indonesia merdeka, pangan selalu menjadi masalah yang tak kunjung selesai. Di lndonesia pangan identik dengan beras. Sebetulnya pemerintah tanggap dengan hal ini. Program intensifikasi dan ekstensifikasi dijalankan secara bersama-sama. Jaringan irigasi, dengan biaya yang sangat besar, dibangun dan diperbaiki untuk menunjang program tersebut. Sadar akan keterbatasan dana dan sumberdaya manusia, pemerintah meminta kesediaan petani pemakai air untuk menanggung biaya pembangunan dan pengelolaan air irigasi. Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) merupakan suatu lembaga di pedesaan yang berkaitan dengan pengelolan air irigasi. Sayangnya kinerja lembaga ini masih rendah, sementara produktivitas padi sawah mesti terus ditingkatkan. Nampaknya perlu dorongan untuk optimalisasi kinerja P3A. Pemuka asyarakat merupakan potensi lokal yang memiliki ikatan emosional dengan masyarakatnya. Tokoh ini juga memiliki legitimasi secara sosial dari masyarakat sebagai pemimpin non-formal sehingga secara otomatis dapat mempengaruhi tingkah laku dan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan.Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana peran pemuka masyarakat untuk mendorong partisipasi anggota P3A dalam pengelolaan air irigasi. Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Irigasi Air Manjunto di Kecamatan Muko-muko Utara, Kabupaten Muko-muko. Dua desa (Tanjung Alai dan Tirta Makmur) dijadikan tempat penelitian. Di kedua desa itu terdapat empat kelompok P3A, yaitu Renah pematang Gedang dan Kesma Tirta Mulya di desa Tanjung Alai sedangkan Jaya Makmur dan Memayu Among Tani di Desa Tirta Makmur.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 24 Mar 2015 07:58
Last Modified: 24 Mar 2015 07:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item