EVALUASI RANCANGAN KUNCI DIGITAL DENGAN PRINSIP FSM (FINITE STATE MACHINES) SERIAL DAN PARALLEL SEQUENCE BERBASIS FPGA NEXYS2

Avico, Ardser and Reza, Satria Rinaldi and Khairul, Amri Rosa (2015) EVALUASI RANCANGAN KUNCI DIGITAL DENGAN PRINSIP FSM (FINITE STATE MACHINES) SERIAL DAN PARALLEL SEQUENCE BERBASIS FPGA NEXYS2. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- Ard-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,-1-15, Ard-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Rancangan kunci digital yang menggunakan prinsip Finite State Machine (FSM) pada Field Programmable Gate Array (FPGA) Nexys2 dengan deskripsi Hardware Description Language (HDL) dapat dilakukan dengan rangkaian seri (serial sequence) dan rangkaian paralel (parallel sequence). Aplikasi kunci digital prinsip kerjanya dapat dibuat dengan menggambarkan state diagram yang menjelaskan setiap urutan tahap dari proses kunci digital. Masukan kunci digital berasal dari keyboard PS/2 yang dihubungkan dengan FPGA dan memiliki antarmuka untuk menampilkan setiap karakter yang ditekan pada Hyperterminal windows dengan menggunakan Universal Asynchronous Receiver And Transmitter (UART). Desain kunci digital dibuat pada tingkat watak (behavioral level) yang berupa modul fungsi dan digabungkan dalam top level skematik. Rancangan VHDL dimuat dalam piranti Xilinx Spartan3E-500 FPGA (Nexys2). Waktu tunda dan penggunaan slice desain seri dan paralel merupakan hasil yang dibandingkan diantara kedua desain. Jumlah slice FSM seri 125 slice dan paralel 904 slice. Waktu tunda FSM seri untuk mampu menampilkan keluaran pada 7-segment 17,854 ns dan paralel 18,487 ns. Penggunan slice yang sedikit jika menggunakan rangkaian seri serta waktu tunda yang lebih singkat dibandingkan dengan rangkaian paralel, maka untuk kebutuhan sistem yang mampu menyimpan PIN yang banyak dengan waktu tunda yang lebih singkat maka rangkaian seri merupakan pilihan terbaik untuk penerapan kunci digital.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 May 2015 09:08
Last Modified: 13 May 2015 09:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item