E-LEARNING MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI TIGA DIMENSI UNTUK KELAS X SMAN 2 KOTA BENGKULU

Yana, Laga and Diyah, Puspitaningrum and Boko , Susilo (2015) E-LEARNING MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI TIGA DIMENSI UNTUK KELAS X SMAN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,-1-15, lig-FT..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- lig-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu memvisualisasikan konsep abstrak geometri tiga dimensi dan mampu melibatkan peran aktif siswa dalam belajar. Penelitian ini adalah penelitian terapan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan platform Adobe Dreamweaver CS6, ActionScript 2.0, Macromedia Flash 8, 3DSMax 8, dan MySQL sebagai database tempat penyimpanan. E-learning ini dirancang menggunakan metode sekuensial linier dan analisis berorientasi objek menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk merancang, serta melakukan uji kelayakan dengan empat aspek yaitu isi/konten, kemudahan pengguna, kualitas tampilan, dan interaks program, pengujian dengan teknik likert scale. Perangkat lunak yang dihasilkan berupa website pembelajaran geometri yang mengintegrasikan gambar, suara, teks, video dan animasi 3D dalam penyajian informasi, serta ditujukan untuk guru, admin dan siswa. Selain penyajian materi terdapat juga bank soal, fasilitas pengiriman pesan, fasilitas komentar materi, upload file, automatisasi pengelolaan nilai, dengan materi pembelajaran adalah kedudukan, titik, garis dan bidang, menggambar dan menghitung jarak, dan sudut. Dari hasil uji kelayakan diperoleh bahwa persentase cukup baik untuk guru 10,00%, cukup baik untuk siswa 1,67%, baik untuk guru 73,33 %, baik untuk siswa 69,33%, sangat baik untuk guru 16,67%, sangat baik untuk siswa 26,33%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa e-learning ini telah layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 May 2015 10:14
Last Modified: 15 May 2015 10:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item