RANCANG BANGUN ANIMASI 3 DIMENSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA OPERASI DASAR ARITMATIKA BILANGAN PECAHAN BIASA UNTUK KELAS V SD

Baskoro, Muhammad Adi and Boko , Susilo and Rusdi, Efendi (2015) RANCANG BANGUN ANIMASI 3 DIMENSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA OPERASI DASAR ARITMATIKA BILANGAN PECAHAN BIASA UNTUK KELAS V SD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,-1-15, muh-FT..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI-Lamp, 1-15- muh-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah animasi 3 dimensi media pembelajaran berbantuan komputer pada operasi dasar aritmatika bilangan pecahan biasa untuk kelas V SD sebagai alat bantu guru dan siswa dalam pembelajaran serta dapat mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran yang dibangun terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran ini dibangun dengan menggunakan Autodesk 3D max dan Adobe Flash Professional CS6 dengan bahasa pemrograman ActionScript 2.0 yang mengandung unsur teks, animasi 2D dan 3D, dan audio yang dirancang semenarik mungkin agar penyampaian materi lebih mudah dan menyenangkan. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Sedangkan untuk merancang sistem, penulis menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah perangkat lunak animasi 3 dimensi media pembelajaran berbantuan komputer pada operasi dasar aritmatika bilangan pecahan biasa untuk kelas V SD sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi ini. Pengujian media pembelajaran dilakukan di SD Negeri 09 Kota Bengkulu dengan tingkat kelayakan s ist em “baik” dan respon siswa “posi ti f”. Dari hasil analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t ditunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai ratarata peningkatan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Yang mana diperoleh t hitung yaitu sebesar 3,56 > t yaitu sebesar 1,67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. tabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 May 2015 15:58
Last Modified: 15 May 2015 15:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item View Item